Sekapur Sirih

Dalam memajukan perekonomian yang berbasis pada ekonomi kerakyatan, UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan satu bagian penting yang sangat penting dalam proses tersebut karena ikut menciptakan lapangan kerja baru dan sangat mendukung pendapatan-pendapatan rumah tangga.

Istilah “klaster (cluster)” mempunyai pengertian harfiah sebagai kumpulan, kelompok, himpunan, atau gabungan obyek tertentu yang memiliki keserupaan atau atas dasar karakteristik tertentu. Merujuk dari istilah tersebut, maka pengertian klaster disini adalah gabungan dari usaha kecil menengah yang menghasilkan produk yang sejenis.

Keberadaan Forum Economic Deveploment and Employment Promotian atau disingkat dengan FEDEP Kota Magelang yang berada dibawah naungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Magelang dan beranggotakan berbagai klaster-klaster, baik klaster makanan ringan, sentra roti/ kue, sentra gethuk, sentra tahu, sentra tempe, sentra konfeksi, sentra mainan anak, sentra parut besi/ logam dan sentra kerupuk mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Magelang, hal ini terbukti dengan disediakannya showroom untuk memamerkan dan juga sebagai tempat transaksi produk hasil klaster yang bertempat di komplek Mudalrejo parkir Taman Kyai Langgeng Kota Magelang. Selain itu juga diluncurkan website FEDEP Kota Magelang yang bertujuan untuk menunjang pemasaran produk dari klaster Kota Magelang agar bisa mengjangkau pasar yang lebih luas.

Maka pada tanggal 21 Juni 2011 diadakan launching secara resmi showroom Mudalrejo dan website FEDEP Kota Magelang oleh Walikota Magelang Bapak Ir.H.Sigit Widiyonindito,MT. Pelaksanaan Launching Showroom Mudalrejo akan digabungkan bersama pelaksanaan Festival Kuliner/ Bursa Hasil Kegiatan Lembaga Masyarakat Tingkat Kelurahan juga akan diramaikan dengan parade band, atrasksi dari komunitas BMX, komunitas VOC, komunitas Mural.

Sasaran peserta Launching Showroom Mudalrejo dan Festival Pameran/Bursa Hasil Kegiatan Lembaga Masyarakat Tingkat Kelurahan terdiri dari :

a. UMKM se-Kota Magelang;

b. Gabungan LPM, PKK, Karang Taruna dan LKK dari Kelurahan – Kelurahan se-Kota

Magelang;

c. Pengrajin dan pengusaha yang terkait dengan tema kegiatan.