Pekan Raya Magelang 2014

Setelah sukses dengan Pekan Raya Magelang tahun 2012 dan 2013, tahun ini FEDEP Bappeda Kota Magelang bekerjasama dengan Event Organizer (EO) menggelar kembali kegiatan tersebut yang bertajuk "Pekan Raya Magelang 2014 Pestanya Rakyat Magelang".  Pameran ini berlangsung 5 hari dari tanggal 3 s/d 7 September 2014 di Gedung Tribakti dari jam 09.00 s/d 21.00 WIB yang dibuka oleh Walikota Magelang pada hari Rabu yang kedatangannya diiringi oleh kesenian Barongsai.

Stand-stand pada pameran kali ini diisii oleh UMKM binaan FEDEP Kota Magelang, SKPD Kota Magelang dan luar Kota Magelang, Komputer dan Gadged, Otomotif, Buku, Fashion, Kuliner, dan baru di tahun ini Pekan Raya Magelang diisi oleh stand dari Militer yang menarik perhatian pengunjung. Untuk memeriahkan pameran ini diadakan Lomba Paduan Suara, dolanan anak tradisional, hijab fashion contest, idol singing contest, festival batik Magelang, juga ada Motor Modification Contest.

 

Adapun maksud dan tujuan diadakan acara ini adalah :

1. Menciptakan wadah baru bagi pelaku industri di Kota Magelang

2. Mempekenalkan keanekaragaman produk dan budaya yang ada di Kota Magelang

3. Melestarikan keanekaragaman produk tradisional khas Kota Magelang

4. Meningkatkan kecintaan masyarakat kota Magelang terhadap produk dan budaya Kota Magelang

5. Menjadikan Pameran Pekan Raya Magelang sebagai daya tarik wisata utama

6. Sebagai sarana sosialisasi dan promosi yang efektif bagi para pelaku industri

Sampai dengan selesai acara, omset transaksi pada tahun ini mencapai lebih dari 2,5 Milyar.  Pemerintah berharap agar para pelaku usaha khususnya UMKM Kota Magelang dapat terus berinovasi dan meningkatkan kwalitas agar dapat terus bersaing dengan produk-produk nasional bahkan internasional.

PEL Bagi UMKM Kota Magelang

Pada hari selasa tepatnya pada tanggal 20 februari 2013 FEDEP Kota Magelang mengadakan Pelatihan Pengembangan Ekonomi Lokal yang di hadiri oleh pelaku usaha UMKM Kota Magelang. Pelatihan PEL (Pengembangan Ekonomi Lokal) diadakan di ruang sidang lantai 1 gedung Bappeda Kota Magelang. Dengan menghadirkan 3 narasumber,yaitu dari LP3M Universitas Muhammadiyah Magelang, Bapak Oesman Raliby, dan Ibu Retno sebagai narasumber. Selain menghadirkan narasumber dari LP3M Universitas Muhammadiyah Magelang juga menghadirkan narasumber dari salah satu pengusaha dari Kota Magelang yaitu Bapak Cahyo Edi W yaitu owner atau pemilik Kedai Pizza yang telah memiliki 52 cabang di seluruh Indonesia. Para peserta Pelatihan cukup antusias dalam mengikuti palatihan ini, dengan menghadirkan narasumber diharapkan bisa memberi motivasi kepada para peserta pelatihan PEL yaitu para pelaku usaha UMKM Kota Magelang. Pelatihan Pengembangan Ekonomi Lokal ini membahas tentang strategi Promosi dan pemasaran product.