FEDEP Kota Magelang Menjadi FPESD Kota Magelang

FEDEP Kota Magelang atau jika kita sebut Forum for Economic Development and Employment Promotion telah berdiri sejak tahun 2006 atas dasar Keputusan Walikota Magelang Nomor 500/31.a/112-310 tahun 2006 tanggal 12 September 2006. FEDEP Kota Magelang merupakan forum kemitraan yang terlembaga bagi para pelaku ekonomi baik pemerintah, swasta maupun individu (umkm) didaerah yang bertujuan mempercepat pembangunan ekonomi melalui usaha-usaha/kegiatan bersama.FEDEP Kota Magelang merupakan perpanjangan tangan dari Forum Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya (FPESD) Provinsi Jawa Tengah yang berada di bawah naungan Badan Penanaman Modal Daerah dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam aktivitasnya FEDEP Kota Magelang sangat fokus dalam mendorong perkembangan ekonomi lokal Kota Magelang, terutama yang menyangkut usaha mikro kecil dan menengah (umkm). Beberapa kegiatan yang telah dilakukan FEDEP Kota Magelang dalam rangka mewadahi pengembangan umkm antara lain Magelang Expo tahun 2009, Festival Kuliner tahun 2010, dalam hal kebijakan pembangunan Kota Magelang FEDEP juga berperan dan terlibat dalam mendorong terbangunnya tempat pemasaran bersama 'Showroom Mudalrejo' yang telah diresmikan dengan acara 'Lounching Showroom Mudalrejo & Website FEDEP Kota Magelang.

Namun dalam perkembanganya masih banyak masyarakat, baik pelaku ekonomi maupun awam, yang belum tahu dan paham tentang FEDEP Kota Magelang. Dari beberapa masukan disimpulkan salah satunya disebabkan oleh istilah FEDEP sendiri yang kurang membumi, atau sebagian orang mengatakan istilah FEDEP itu tidak 'NJAWANI'.

Informasi tersebut lalu disampaikan dan dibahas dalam acara koordinasi FEDEP tingkat provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 13 oktober 2011 di ruang sidang Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Alhasil disepakati untuk mengganti nama FEDEP dengan istilah yang lebih familier. Namun pada kesempatan ini belum muncul istilah baru sebagai usulan pengganti nama FEDEP, sebaliknya untuk pencarian istilah baru tersebut diserahkan kepada tim perumus dari provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan lain dalam acara Focus Group Discussion Pengembangan Ekonomi Lokal (FGD-PEL) oleh Tim Provinsi Jawa Tengah, yang terdiri dari Bappeda Jateng, BPMD Jateng, FPESD Jateng, Disperindag Jateng dan TAR PEL, yang diselenggarakan di Kota Magelang tepatnya di aula Bappeda Kota Magelang, disampaikan himbauan agar istilah FEDEP diganti dengan nama FPESD Kabupaten/Kota sesuai nama daerah masing-masing agar selaras dengan FPESD Provinsi Jawa Tengah. Sebagai contoh FEDEP Kota Magelang Adapun namanya diganti menjadi FPESD Kota Magelang. Adapun peran dan fungsi FPESD Kota Magelang sama dengan FEDEP Kota Magelang.

Dengan adannya pergantian sebutan ini diharapkan FPESD Kota Magelang lebih mudah dimengerti makna dan fungsinya cukup dengan mengetahui namanya.