Sentra getuk

Kota Magelang telah lama dikenal luas sebagai kota gethuk. hal ini tidak mengherankan mengingat gethuk merupakan makanan asli kota magelang dan mudah sekali kita jumpai di berbagai sudut Kota Magelang baik di pertokoan sampai dengan di pasar tradisional, baik yang sudah menggunakan teknologi tradisional samapai dengan yang menggunakan teknologi modern.

Dengan pemakaian teknologi modern, maka dapat meminimalisasi kontak tangan dalam proses produksinya yang berimbas pada hegienis produk dapat dijaga.

BAHAN BAKU

Bahan baku dasar untuk membuat gethuk adalah singkong yang sementara ini masih dipasok dari luar Kota Magelang. hal ini dikarenakan pasokan singkong dari Kota Magelang sendiri belum mampu memenuhi kebutuhan dari sentra-sentra gethuk didalam Kota Magelang.

Sentra getuk kota Magelang terdiri dari beberapa UMKM, ada 7 UMKM di kota Magelang yang memproduksi getuk, diantaranya adalah Aneka Usaha, Eco, Marem, Enak, Lezat dan Sarinah. Dari ketuju UMKM tersebut masing – masing memproduksi getuk yang sudah di olah secara modern dan penyajianya pun juga sudah modern dan di kemas dalam kemasan yang menarik. Produksi rata – rata tiap hari bisa mencapai 300 dus per hari. Selain rasanya yang enak getuk ini juga kelihatan menarik. Sekretariat Sentra Getuk bertempat di Kelurahan Rejowinangun Selatan Kota Magelang. Ketua dari Sentra getuk adalah bapak Unggul.


Selain getuk modern di kota Magelang juga terdapat getuk tradisional. Getuk warna adalah salah satu getuk yang memproduksi getuk tradisional. Bentuk dan rasanya pun bervariasi,

CP: Bp. Unggul (081578960099)

Cp : Ibu Tina (0293) 5509478